Motor Overheat |
Yang saya maksud ialah ketika motor tiba tiba mengalami masalah mati mendadak saat kondisi suhu mesin panas. Umumnya hampir semua orang yang mengalami hal tersebut pasti akan langsung panik dan bingung.
Sempat berfikir apa ya kira kira yang menyebabkan motor ini mati mendadak saat suhu panas mesin panas dan bagaimana solusi memperbaikinya..?
Baca Juga : Dampak Jika Menggunakan "Air Biasa" pada Radiator
Dibawah ini akan dibahas hal hal yang menyebabkan motor mati mendadak, sebagai tambahan bahwa kendaraan bermotor itu berbeda beda jenis permasalahannya, beda merek maka beda solusinya.
Tapi jika sudah mengetahui dengan detail dan rinci apa yang menjadi penyebabnya maka solusi memperbaikinya sekaligus mencegahnya biasanya akan lebih mudah.
3 penyebab umum motor bisa mati mendadak ketika mesin overheat adalah :
- OLI MESIN KURANG
Ya hal ini biasanya disebabkan karena kendaraan atau motor tersebut sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh yang menyababkan terjadi uap panas yang bisa mengakibatkan oli bisa keluar melalui pori pori endapan mesin.Penyabab kekurangan oli mesin yang lain bisa juga dikarenakan lemahnya piston ring yang mengakibatkan motor mengeluarkan asap putih melalui knalpot
ciri ciri pada motor 4Taksehingga busi dibasahi oleh oli mesin dan juga kemungkinan busi tidak tahan lama dan akhirnya mengakibatkan mesin makan oli.
Dengan begitu tentunya olinya akan berkurang terus sehingga disaat mengendarai sepeda motor pada temperatur yang panas mengakibatkan motor mati mendadak.
Cara mengatasinya
Jika anda sudah mengetahui bahwa oli mesin motor anda berkurang, maka segeralah untuk membeli oli motor yang baru dan menggantinya dibengkel motor atau dimana saja yang menjual oli mesin untuk motor anda.Kalau yamaha biasanya menggunakan yamalube, kalau honda ahm oil , (oli bawaan pabrikan). Anda juga bisa menambah oli baru jika oli motor mesin anda berkurang dan juga memperbaiki yang menyebabkan oli berkurang dengan sendiri.
- SALURAN BAHAN BAKAR TERGANGGU
Setelah melakukan pemeriksaan pada oli motor, kemudian selanjutnya cek pada saluran bahan bakarnya. Saat motor mogok gak mau hidup bisa juga diakibatkan saluran bahan bakar bensin yang masuk ke komponen (karburator) terjadi penyumbatan. Entah itu karena kerak yang ada dalam tangki bensin dan kemungkinan lainnya.Nah hal ini maka menyebabkan minyak (bensin) tidak lancar. Terjadinya penyumbatan ini mungkin karena ada kotoran dibagian selang minyak yang mengaliri besin menuju karburator sehingga minyak (bensin) tidak normal atau bahkan tidak mengalir.
Selanjutnya kemungkinan yang lain yaitu adanya kotoran didalam komponen motor yaitu karburator. Komponen motor yang satu ini yaitu karburator biasanya sering sekali didalamnya terdapat kotoran yang berasal dari tangki minyak (bensin) motor.
Nah minyak atau bahan bakar yang kotor didalam tangki motor maka akan mengakibatkan jarum spuyer dalam karburator mengalami penyumbatan dan motor bisa mati mendadak karena proses aliran bensin atau bahan bakar minyak menuju ruang bakar tidak normal.
Cara mengatasinya
Untuk melakukan perbaikan pada komponen ini memang agak rumit khususnya untuk pemula, tapi jika yang memperbaiki komponen ini (karburator ) sudah bisa maka bukan hal yang rumit lagi.Maksudnya yang sudah bisa service karburator motor sendiri. Anda bisa cek dengan teliti apakah pada bagian selang saluran bahan bakar minyak yang masuk ke karburator ada kotoran atau tersumbat, maka anda bisa bersihkan terlebih dahulu, tapi jika penyakitnya pada karburator maka anda bisa bawa motor anda ke bengkel motor agar bisa di perbaiki, karena untuk memperbaiki karburator ada bagian yang sangat sensitif ,kalau anda salah melakukannya / memperbaikinya maka bukan tambah bagus melainkan tambah rusak.
- PENGAPIAN MOTOR LEMAH ATAU MATI
Kemungkinan yang lain yang menyebabkan motor mati saat kondisi suhu mesin panas selain kekurangan oli dan ganguan saluran bensin yaitu lemahnya pengapian pada motor. Dari informasi yang saya baca di internet dan dari beberapa pengalaman mekanik bengkel, pengapian motor yang sering lemah atau tidak tahan panas adalah pada komponen spol yang melemah sehingga hal tersebut bisa menyebabkan saat mesin dalam kondisi memiliki suhu yang panas maka motor akan mati dengan tiba tiba, karena penyebabnya yaitu komponen motor spool yang sudah dimakan usia atau bisa juga diakibatkan krena spoolnya ada yang error/cacat sehingga beradu api antara satu dengan yang lainya.Untuk cara mengecek komponen yang satu ini apakah ada apinya atau tidak yaitu anda bisa periksa kabel hitam list merah dari spool bawah, caranya cukup simple yaitu tempelkan kabel tersebut ke bagian mesin dengan sambil memutar mesin motor yaitu dengan cara melakukan kick starter maka dari situ nanti akan terbukti bahwa ada apinya atau tidak.
Kemungkinan yang kedua yaitu pada pengapian komponen yang bernama CDI, nah komponen yang satu ini juga rawan jika posisi motor mendadak mati saat kondisi mesin panas, jadi anda bisa cek apakah CDI tersebut masih berfungsi atau tidak.
Sedangkan untuk komponen koil kemungkinan sangat kecil karena dari beberapa pengalaman mekanik bengkel kondisi koil masih bagus .Jika permasalahnya belum ketemu juga mungkin bisa disebabkan pada bagian kepala ujung busi/palak busi sudah longgar atau basah atau bisa juga rusak, maka anda bisa mengganti busi dengan yang baru, atau jika masih bagus mungkin posisinya kurang pas, jadi hal hal tersebut bisa anda lakukan dan periksa pada motor anda.
Cara Mengatasinya
Jika anda sudah mengetahui beberapa komponen motor yang menyebabkan pengapian lemah maka anda bisa mengganti dengan membeli komponen alat motor tersebut dengan yang baru , contoh cdinya, spool atau koilnya.Sampai sini dulu artikel tentang Mengatasi Motor Mati Karena Overheat Mesin Panas Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya.
Penjelasan kurang akurat
ReplyDeleteSolusi mesin trill daiblo 200 cc mesin panas mati
ReplyDelete