11 Tips Modifikasi Motor Vixion Menjadi Supermoto - Trail-ID

Latest

Info trending seputar motor trail

Terbaru

11 Tips Modifikasi Motor Vixion Menjadi Supermoto


Dunia otomotif begitu luas di kalangan anak muda sejak dulu sampai sekarang.. bahkan tidak cuma anak muda, para orang tua yang masih berjiwa muda pun masih gemar memodifikasi motor nya untuk keperluan tertentu.

Mulai dari modifikasi motor bebek jadi motor trail.. motor sport jadi motor super moto dan lain lainnya..

Salah satu yang banyak di minati adalah modifikasi supermoto, karena memang sangat keren jika di pakai di jalan raya.

Untuk itulah saya akan membahas di artikel ini masalah modifikasi supermoto. Dalam artikel ini saya menggunakan vixion untuk di modifikasi menjadi supermoto :

Simak tipsnya berikut ini tentang apa saja yang musti di rubah untuk motor vixion yang akan di jadikan supermoto :

Hal pertama yang musti di ganti dalam modifikasi motor vixion ke motor supermoto adalah

1. Spakbor Depan

Jika anda perhatikan pada spakbor depan motor supermoto yaitu memiliki ciri khas yang berbeda pada motor umumnya, spakbor supermoto ini biasanya terlihat lebih jentar. Untuk referensi penggantian spakbor depan new vixion supermoto sebaiknya anda bisa menggunakan spakbor depan milik kawasaki ZX 130 di custom sendiri.

(Jika anda memesan didealer maka harus menunggu karena barangnya agak langka) selain itu juga anda bisa menggunakan spakbor depan mio, spakbor depan kawasaki klx, kawasaki d’tracker dan masih banyak lagi lainnya. Kebanyakan modifikasi motor supermoto yaitu menggunakan spakbor depan kawasaki zx 130 karena bagian depanya memiliki model yang cukup lancip sehingga memiliki tampilan yang terkesan sporty dan juga garang.

2. Peninggi Shock Depan

Motor supermoto sangat identik dengan shock depan yang memiliki ukuran lebih tinggi. Sehingga jika masih menggunakan shockbreaker bawaan maka diperlukan peninggi shock depan untuk menjadikan shock depan motor vixion anda menjadi lebih tinggi.

Sebenarnya ada alternatif lain selain menggunakan peninggi shock depan yaitu dengan mengupgrade shock depan dengan ukuran yang lebih tinggi dan menggunakan shock jenis USD (upside down). Namun tentunya untuk membeli shockbreaker jenis USD (Upside down) ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit alias cukup menguras uang yang ada di dompet kita hehe. Uang yang bisa anda keluarkan mungkin sampai 4-5 jutaan.

Ya untuk mengatasi hal tersebut agar uang lebih hemat maka anda bisa menggunakan peninggi shock depan model sambung shock. Peninggi shock depan ini tentunya banyak dijual dipasaran. Apa lagi sekarang ini sudah banyak situs online yang menjual berbagai macam aksesoris motor dan spare part motor.

Peninggi shock depan yang dijual dipasaran ada berbagai macam ukuran diantaranya yaitu 6cm, 8cm, 10cm, hingga 12 cm dan ada juga specialis order (tergantung permintaan pembeli). Nah dalam pemilihan peninggi shock depan ini anda harus jeli dalam memilihnya untuk digunakan di shock depan motor anda. Jangan sampai anda tergoda dengan harga yang murah tapi kualitasnya kurang bagus.

Anda bisa pilih peninggi shock depan yang berbahas lapis anti karat dan besi padat,sehingga saat digunakan tidak mudah berkarat , kokoh , dan tentunya terjadi kekuatanya saat digunakan. Perlu diingat bahwa jangan sembarangan membeli peninggi shock depan yang murahan ,karena murahan biasanya kualitasnya kurang bagus.

3. Spakbor Belakang

Masih sama dengan spakbor depan ,umumnya motor supermotor ini khusus bagian spakbor belakang terlihat dan identik dengan spakbor jentar. Ya memang sepertilah motor modif jenis supermoto ini yaitu terlihat lebih jentar karena jika tidak jentar maka kesaan garangnya tidak ada.

Untuk mengaplikasikan penggunaan spakbor belakang untuk modif vixion menjadi supermoto maka anda bisa menggunakan spakbor belakang milik kawasaki klx ,spakbor byson, spakbor cs1 ataupun spakbor ori yang dipatong/dicustom.

Untuk pemasangannya biasanya kebanyakan tidak PnP (plug and play) alias perlu melakukan custom agar cocok. Namun ada juga yang menjual spakbor custom model klx ,cs 1 , byson yang sudah di custom dan cocok di pasang di motor new vixion dan old vixion.

4. Peninggi Shock Belakang

Untuk mengimbangi tinggi pada motor karena sebelumnya sudah melakukan perubahaan pada shock depan maka diperlukan juga peninggi shock belakang pada motor agar lebih stabil dan balance. Untuk motor new vixion saat ini sudah banyak peninggi shock motor yang dijual di pasaran , ada juga yang melakukan pengoboran pada conroad ori sehingga dijamin kualitasnya karena conroad ori biasanya bahannya lebih bagus, lebih tebal dan berkualitas.

Jika anda tidak ingin repot melakukan pengeboran conroad vixion ori maka bisa membeli peninggi shock belakang variasi yang sudah banyak dijual dipasaran. Namun untuk kualitasnya masih diragukan takutnya bisa patah.

Ada beberapa pengguna motor new vixion yang menggunakan conroad peninggi shock belakang variasi yang conroadnya tidak kuat sehingga patah dan jadi ambles motornya. Nah hal ini jangan sampai terjadi pada motor anda. Jadi saya rekomendasikan anda untuk membeli conroad ori didealer resmi yamaha dan melakukan pengeboran conroad ke tukang bubut agar posisi lubang bisa center dan tidak oleng saat motor dikendarai, untuk detailnya hal ini anda bisa baca ulasan saya sebelumnya.

5. Velg lebar dan Ban Lebar

Untuk modifikasi pada bagian kaki kaki biasanya motor vixion yang di modif menjadi supermoto yaitu menggunakan velg lebar dan ban lebar. Keunggulan ban lebar dan velg lebar yaitu lebih nyaman ketika digunakan dijalan raya dan juga lebih mudah untuk bermanuver karena tumpuan velg motor dan ban motor menjadi lebih luas sehingga motor menjadi lebih stabil.

Untuk velg lebar yang ada dipasaran umumnya terbagi menjadi 2 jenis yaitu velg balok (velg racing) dan yang kedua yaitu velg jari jari(velg ruji). Nah anda tinggal pilih salah satu dari kedua jenis velg tersebut ,biasanya sih yang paling banyak adalah velg jari jari yang digunakan. Sebaiknya dalam pemilihan ban lebar disesuaikan juga dengan ukuran lebar velg yang anda gunakan.

6. Standar Samping dan Tengah

Nah apabila motor anda sudah dimodifikasi supermoto maka biasanya motor menjadi terlihat lebih tinggi nah hal ini tentunya standard samping dan tengah akan menjadi kurang panjang. Solusi untuk mengatasi hal ini yaitu dengan cara menyambung standard samping dan standard tengah atau bisa bisa juga membeli standard khusus untuk motor trail/supermoto yang Pnp di motor new vixion.

7. Selang Rem Depan

Untuk motor yang sudah ditinggikan khususnya pada bagian shock depan maka selang rem depan akan menjadi kurang panjang. Nah solusi mengatasi hal ini tentunya anda bisa mengganti selang rem ori vixion dengan menggunakan selang aftermarket merek yang terkenal dan juga pilih yang lebih panjang, terbuat buat dari bahan yang berkualitas tinggi dan berlapis serabut baja.

Sehingga selang rem tersebut lebih kuat dan tahan terhadap gesekan dan panas. Saat ini sudah banyak sekali selang rem yang dijual di aftermarket ,namun untuk merek saya sarankan anda untuk membeli selang merk TDR Racing, merek selang dari TDR Racing dari beberapa pengguna sudah cukup bagus dan kuat karena selang rem tersebut berlapis dari serabut baja dan harganya juga tidak terlalu mahal.

8. Headlamp

Saat anda menggunakan headlamp motor new vixion ori sebenarnya sudah cukup bagus untuk modif vixion menjadi supermoto. Namun sebagian orang masih kurang puas dengan hasilnya maka headlamp ori vixion pun diganti dengan menggunakan headlamp yang lebih gagah dan terlihat garang , salah satunya seperti headlamp miliki honda tiger, honda revo , klx , d’tracker dan masih banyak lagi lainnya.


9. Stang Motor

Stang motor yang anda gunakan untuk modifikasi motor new vixion menjadi supermoto sebenarnya stang ori pun sudah cukup bagus. Stang ori + handguard juga sudah membuat motor new vixion anda benar benar terlihat maco dan juga berotot. Jika masih kurang bagus anda bisa mengganti stang motor dengan yang lebih lebar agar saat digunakan bermanuver lebih nyaman dan tidak gampang pegal. Kalau saran saya anda bisa pasang stang lebar model fatbar dan juga raisernya. Stang model seperti ini biasanya digunakan untuk modif vixion menjadi supermoto.

10. Handguard

Untuk part dan aksesoris motor yang satu ini biasanya setelah dipasang akan memiliki kesan lebih garang , lebih gahar,lebih berotot . ANda bisa memasang handguar distang motor vixion anda. Kombinasikan stang fatbar + handuard akan menambah tampilan motor vixion modif supermoto terlihat lebih berbeda dengan yang lainnya. Pemasangan handguard ini tentunya memiliki fungsi sebagai pelidung tangan dari benturan luar dan juga pelindung handle rem maupun handle kopling.

11. Upgrade Power Mesin Motor.

Nah untuk yang terakhir yaitu memodifikasi performance pada mesin motor new vixion , Dengan beban motor vixion yang di modif supermoto menjadi lebih berat dikarenakan pemakaian ban gambot lebar, velg lebar dan juga box yang tentunya membuat kinerja mesin semakin berat. Nah untuk mengimbangi beban yang berat maka power mesin dan juga penggantian gear set perlau disesuaikan agar motor menjadi lebih agak ringan dan kinerja mesin tidak begitu berat.

mungkin cukup sampai sini tips sederhannya tips berikutnya akan di bahas di artikel berikutnya..

No comments:

Post a Comment