Memang
bagi yang sudah cinta mati dengan hobi motor trail, tentunya akan menyisihkan
dananya untuk beli motor trail asli seperti gambar di atas. Akan tetapi karena
motor trail ini memiliki part2 yang eksotis dan kekuatan yang lebih
dibandingkan motor harian, harganya menjadi sangat mahal, coba perhatikan harga
klx250 yang lebih mahal dari ninja250. Oleh karena itu cuma sebagian orang saja
yang mampu membeli dan merawatnya.
Bagi
rider kelas menengah ke bawah, apalagi yang sudah punya motor harian, rasanya
berat beli motor lagi hanya untuk nge-trail yang cuma (maksimal) seminggu
sekali. Oleh karena itu, untuk menyalurkan hobinya merekan mending
minjem/nge-rental atau memodif motor harian yang ada, yang pastinya ingin agar
biaya/harga untuk motor menjadi lebih murah. Bagi yang punya motor sport
bertorsi besar, sangat cocok untuk dimodifikasi jadi motor trail.
Apalagi
jika membangun motor trail, berbasis motor sport yang memiliki bobot ringan dan
tenaga besar seperti motor2 yamaha generasi rx, akan lebih mantab lagi.
Tapi
bagi pencinta trail berkantong cekak, beli motor sport seken juga masih terasa
mahal, maka jadilah motor bebek sasarannya. Sementara darah sudah menggelegak
ingin “Nrabas”, maka yang punya motor2 nganggur, terutama yang enteng seperti
bebek 2tak, akhirnya dimodif jadi motor trail jadi2an (trail odong2). Di daerah
ane dah banyak yang jago modif trail, terbukti dengan banyaknya motor hasil
modif berseliweran di jalan. Kira-kira penampakannya seperti ini.
Ubahan
yang sangat tampak (lihat gambar) pada bebek trail ini adalah :
1. Sok
depan mengadopsi sok motor sport, kalau perlu dimodif lagi biar lebih panjang
2. Frame
diperkuat dengan 1-2 batang besi pipa baja dengan berbabagai konstruksi
3. Roda
depan diperbesar ukurannya dan diganti ban tahu, kalo nggak pantes pake ukuran
19 ya 18 aja cukup
4.
Roda
belakang malah diperkecil menggunakan ukuran 16
5. Stang
diganti yang lebih baplang agar memudahkan manuver sekaligus memberikan
pegangan yang kokoh
6. Engine
dan pengapian harus sedikit dioprek untuk meng-upgrade powernya supaya tidak
kedodoran saat nanjak (terlihat dari knalpotnya). Kalo masih kurang gahar, biasanya tinggal mainin gir depan-belakang.
7.
Penampilan
dan lain-lain
Maklum
bro orang Indonesia memang jagonya kalau akal-akalan, “Tidak ada rotan akar pun
jadi”. Ayo yang punya motor bebek nganggur bisa dimodif jadi motor trail, agar
bisa ikut nrabas di hari libur. Sepertinya untuk modif motor trail apa adanya
nggak butuh biaya mahal, kira2 perinciannya :
1.
Motor
bebek seken 1.5-3.5 juta
2.
Sok
depan 250rb
3.
Roda
depan belakang (seken) sekitar 500rb
4.
Ngelas
frame 150-250rb
5.
Oprek
mesin sedikit maksimal 500rb
Bagi
yang sudah punya motornya dan jago ngebengkel, tentunya biayanya jauh lebih
murah.
Semoga
bermanfaat dan memberikan semangat bagi yang pingin ngemodif motornya.





No comments:
Post a Comment